189. Muhammad Anung Darmawan
Saya seorang laki2 berumur 31 tahun. Menginginkan istri yg cantik dan baik agama. Apakah asa nasehat untuk saya mengenai cara memilih calon istri dan mendapatkan restu dari orang tua? Terima kasih banyak



188. Lida
Assalamualaikum habib/ustad Curhat sedikit.. Kan bbrapa bulan yg ll sya dagang jual gorengan dan jus. Awal2 bulan bbrp bulan ramai, bbrp bulan kmudian sepi, sesepi2nya. Ada sewaktu2 dlm 1 minggu sya k malingan dlm 1 minggu 2x. Sbulan kmudian sya bhenti jualan krna makin sepi. Byk yg bilang wrung saya ad yg macam2in krna ad iri sma sya. Byk yg suruh sya k tmpat guru2 yg bisa gitu2. Tp ga sya lakuin.. Krna sya kurg percya yg gitu2an. Mnrut habib/ustad bgaimana. Terimakasih habib&ustad. Wassalam



187. Amat
Saya mau tanya,saya seorang LGBT.tapi saya sadar ,bahwa itu salah.dan SDH sering saya ingin berhijrah ke arah yang benar.tp selalu tidak bisa?menurut habib/ustad bagaimana caranya supaya saya bisa menjadi orang yang normal?



186. buci
Assallammualikum bib saya mau tanya, saya itu sering sekali merasa sedih dan senang secara cepat ada temen saya bilang itu cuma gangguan jin yang jahil, dan juga bib saya dari keluarga yang sangat kental agama islamnya tapi tidak dengan diri saya, saya terkadang merasa malu bib bapa saya bergelar abutalif ibu saya asegab tapi saya sering sekali melalikan pertintah nya dan masih melakukan maksiad ( pcran ) dan masih suka mengosip bagai mana bib menurut habib untuk maslaah ini Terimaksih atas perhatian nya bib wassalammuallaikum



185. Lia
Assalamualaikum ustad, saya ingin bertanya, selama ini umat islam di anjurkan utk sholat berjamaah. Lalu bagaimana jika dlm suatu kondisi tempat sholat ( mushola / mesjid ) penuh karena sedang ada suatu kegiatan, sehingga bagi jamaah perempuan harus menunggu antrian mukena dulu. Apakah kita ttp harus sholat berjamaah atau sholt sendiri saja agar jamaah yang lain bisa bergantian sholat juga ? Terimakasih ustad.



184. Hilman cempaka
Assalamualaikum...Apakah boleh didalam sholat berdehem/tanahnuh ? , kalau boleh apakh di tempat2 tertentu saja seperti ketika membaca surah fatihah



183. Shineeminka
Assalamualaikum, saya mau tanya.. saya punya bnyak kucing dirumah, dan bulunya kdng ada beberapa yg menempel di sejadah saya, apakah bulu kucing tersebut trmsuk najis yg membatalkan sholat ? Atau najis yg di maafkan ? Terimakasih.



182. Fulanah
Assalamualaikum ustadz, saya mau nanya. Bagaimana caranya kita menahan godaan di masa muda dan lebih memperbanyak diri untuk beribadah



181. Gazalie rahman
Menjadi yang lebih baik lagi gimana i Ustadz



180. Admin
Waktunya Kita Sangka Baik



179. Hamba Allah
Assalamualaikum Wr Wb Ustadz.. Ana mau tanya, bagaimana jika ada dua org yg sama2 punya salah contohnya sama2 pernah menyakiti hati saudaranya dan mereka tidak berteguran, lalu yg satunya sudah berusaha meminta maaf atas kesalahannya tersebut, sedangkan yg satunya lagi malah bersikeras tidak mau memaafkan, baginya ia tidak memiliki kesalahan, padahal sudah jelas, lisannya pernah menyakiti hati saudaranya.. Jadi bagaimana ini hukumnya ustadz? Apakah sdh gugur kewajiban untuk meminta maaf bagi org yg sudah minta maaf itu?



178. NN
Ya ustadz ciri2 jodoh itu gimana sih?



177. Herdayanti
Assalamualaikum ust, iman saya sekarwng turun naik. Berbuat dosa tobat tapi kadang tanpa sadar ngelakuin lagi. Pertanyaannya bagaimana agar kita bisa mempertahankan keimanan dan tidak berbuat maksiat lagi?



176. Febri
Assalamualaikum ustad uln umpt betakun nah misalnya ada seseorang marah, memaki, menyumpah tp dalam hati aja tanpa di ucapkan atau di beritahukan kepada orng lain apakah itu termasuk dosa? Terima Kasih



175. Hamba Allah
Assalamualaikum, apakah boleh kita marah kepada adek kita yg sudah berkali kali di suruh sholat?



174. Putri
Assalamualaikum ustadz bagaimana meredakan amarah ketika sedang bercekcok dengan saudara atau orang tua Terimakasih ustadz



173. Hamba allah
Kalau keluarga kita di ganggu atau di sakitin bagaimana ustadz



172. Hamba allah
Assalamualaikum uztadz saya mau bertanya, saya berasal dari kota yang keras dimana ada budaya memang cepat meluap nya emosi jika ada sedikit saja gesekan. Adrenalin saya juga ikut terpacu uztad, untuk ngeladenin. Kira kira apa yg bisa saya perbuat untuk merubah hati saya biar lebih dingin.



171. Soman
Saya punya pasangan ni ko susah bgt d ajak menuju kebaikan ya. Jangankan sholat atau ngaji, saya mau resign dri pekerjaan dan pengen mengikuti sunnah untuk berdagang aj ga boleh. Takut inilah takut itulah, padahal kita kan makhluk dri sang maha kaya. Bagaimana saya harus menyikapi pasangan saya ini?



170. Tiwi
Ulun sering mendengar kisah orang apabila menginginkan suatu benda, maka ia akan bersolawat (solawatin benda yg diinginkan), kemudian dalam kurun waktu tertentu, benda yg dia inginkan bisa dia dapatkan dengan jalan yg tidak terduga. Bagaimana pandangannya dalam islam, apakah boleh solawat seperti itu, bagaimana hukumnya dalam islam? Apabila boleh, bagaimana cara meluruskan niat kita agar ikhlas bersolawat kepada rasulullah



169. Seorang wanita
Asssalamualaikum pak ustadz.. Saya mau bertanya bagaimana pandangan islam tentang wanita yg dijadikan istri ke dua dan istri pertama mengetahi tentang itu dan istri keduanya merasa salah tp mau dikata apa rasa cinta tidak bs dipungkiri dan bagaimana jika istri pertama tidak mengetahinya apa pandangan islamnya..makasih wassaalam



168. erwan fauziansyah
asallamualikum bib uln mau tnya jika kita tidak memiliki wudhu maka di haram kn untuk sholat dan memegang Al-qur'an apa kah jika kita tidak memiliki wudhu di haram kan juga untuk sholawat ketika kita sdang di jalan .. ???



167. erwan fauziansyah
assalamualaikum bib ulun hndk mau tanya .... jika kita tidak memiliki wudhu .. itu kan kita di haram kan



166. Akhmad
Assalamualaikum pak ustadz saya mau nanya, apakah apabila kita tidak punya modal untuk usaha, meminjam modal termasuk bagian dri usaha kita? kemana kah saran pak ustadz meminjam modal untuk modal usaha tanpa ada riba? Atau berserah diri, bersabar dn trus berusaha mngumpulkn sdikit demi sdikit untuk modal lebih baik dri pada meminjam modal? Terimakasih pak ustadz, mohon maaf apabila ad kesalahan saya dalam bertanya



165. Putri
Assalamualaikum habib bagaimana doa agar didekat dengan jodoh kita Wassalamu'alaikum warahmatullahi wa barokatu



164. Meylida Eka saputri
Assalamualaikum,,, Saya mau bertanya, orang tua saya ingin saya menikah ketika saya mempunyai kecukupan materi, tapi saya pribadi ingin menikah sederhana saja, karena saya takutnya seorang lelaki menjadi minder mendekati saya, mohon sarannya. Terimakasih



163. Risa
Beberapa bulan yang lalu saya dijodohkan dengan teman ibu saya. Tapi tidak melalui proses ta'aruf.. saya coba istikharah dan minta petunjuk pada Allah, Qadar Allah proses ny terasa sulit lalu saya putuskan untuk menolak. Pertanyaan saya bagaimana saya bersikap pada ibu saya karena penolakan itu ibu saya sakit hati jazakallah..



162. Fikri
Assalamuallaikum ustadz, mau bertanya, misalkan ada seorang laki laki dan wanita siap menikah dan ingin d percepat pernikahannya tpi terhalang oleh orang tua yang Ingin menentukan pernikahannya di bulan sya'ban tahun depan, Apa solusinya kalo ada permasalahan seperti itu??



161. hamba allah
bismillahirrahmannirahim, Assalamualaikum ustadz. mau tanya tentang kitab ustadz. kitab untuk yg baru belajar agama (awam), yg kmaren ustad jelas? jazakaallah khair, ustadz



160. Hamba Allah
Assalamualaikum... ustadz disini saya mau bertanya, bagaimana kalau orang yg memutuskan tali silaturahmi dengan seseorang dikarenakan seseorang itu menimbulkan kemudharatan bagi org yg memutuskan tali silaturahmi tersebut? Terimakasih ustadz. Wassalamu'alaikum



159. Hamba Allah
Ustad bagaimana jika saudara memutuskan tali silahturahmi dgn kita, namun kita sudah berusaha untuk meminta maaf kepada dia, namun dia masih enggan memaafkan kita, apa yg seharusnya kita lakukan?



158. Hamba
Assalamualaikum ust Sangkabaik dan bikers Subuhan Sama kah dan kerja sama????????



157. Hamba allah
Assalamuallaikum ust Saya mau tanya di luar tema ust???????????????? Saya mau gabung di sangkabaik ini Syarat nya ap ya?????????????????????????? Makasih banyak atas jawaban nya??? Ada grup wa nya kah



156. Fasihul
Apa sih hukum nya kesenian daerah kalau di pandang menrut segi hukum agama, apakah itu diperbolehkan atau di larang dan apa hukum melakukan nya semisal itu di larang?



155. Ar
Assalamualaikum ustadz Mohon maaf sebelumnya Mau nanya ustadz contoh kasusnya "makanan berasal dari sesuatu yang mungkin tidak berkah sikap kita terhadap makanan tersebut apakah harus kita buang atau boleh kita sedekahkan agar tidak mumbazir" _ jazakullah



154. Hamba Allah
Assalamualaikum Ustad mau minta masukan,, ulun ngelamar perempuan sdh diistikhorohi saya merasa mantap dan yakinn namun sebaliknya perempuan nya istikhoroh hasil nya berbeda dngn saya dan belum bisa mengiyakn lamaran saya ,, saya terus bersabar dan berusaha menikmati aturan jalan yg diberikan Allah..,, salah kah saya terus memohon dia kepada Allah



153. Fany
Assalamualaikum ustad, mau bertanya, bagaimana menyikapi ketika kita bekerja yg tidak sesuai dengan kemampuann kita namun orangtua sangat menginginkan kita untuk tetap bekerja, apakah itu termasuk ujian kita sebagai anak?



152. Abyzhar 168
Maaf saya mau nanya,, bagaimana kita menyikapi teman yg lupa pada kulit nya,, semisal ny..susah senang bersama,, tapi pas senang dan sukses malah lupa pada teman yg mana satu Perjuangan dikala lagi susah. Itu ada tetimakasih ya ustadz. Salah kh8laf ampun maaf.



151. Hamba Allah
Assalamualaikum bib mau tanya Kata orang benarkah kalau umur sampai 80 tahun bebas siksa kubur? Dan benarkah kalau punya anak 10 anak orang tuanya terbebas dari siksa kubur? Terima kasih bib



150. Al fakir
Bib , Bagaimana cara menghadapi atau melayani orang tua kita di masa tua yg mana masa itu seperti kata habib masa kembali seperti kanak2 yg terkadang bersalah pahaman dengan masa muda/dewasa kita



149. HA
sangkabaik.id



148. Hamba Allah
Assalamu'alaikum ustadz ulun bertanya , kira" apa ciri2 nya kalau dia jodoh kita ?



147. Nurel Azimi Amuntai
Ustad bagaimanakah kita menyikapi orang tua yang ingin kita jadi pegawai atau ASN/PNS tapi hobi atau jiwa kita adalah pedagang. Kadang saya takut pekerjaan yang saya lakukan tapi tidak sepenuh hati tidak akan berkah, namun saya takut orang tua tidak ridho dengan pilihan saya akhirnya saya pun kualat atau katulahan wan kuitan bahasa banjarnya, mohon pencerahannya pa ustadz



146. Hamba Allah
Ustadz mau nanya kalau kita khilaf berzinah dan perempuanya hamil ketika kita bertanggung jawab apakah anak itu sah anak kita ?



145. Hamba allah
Ustad maaf keluar dari tema ,,ulun handak betakun ,,bujur lah klo kita kihlaf berzina amal ibadah kita kada di terima 40 hari ?


Ustadz Menjawab

Zinah adalah kehinaan di dunia dan di akhirat, zinah adalah dosa besar, bagi siapapun yang pernah melakukan kehinaan ini mintalah ampunan dari Allah, bertaubatlah dan jangan sekali-sekali menceritakannya kepada siapa pun,cukup hanya Allah yang mengetahuinya.
Jikalau seorang hamba bertaubat dengan sebenar benarnya taubat, Allah akan mengampuninya langsung. Tidak perlu menunggu 40 hari, yang jadi masalah adalah ketika taubat hanya di mulut saja, maka sampai mati pun Allah tidak akan mengampuninya. Akan di minta nanti pertanggung jawabannya di akhirat.
Adapun mengenai tidak di terimanya amal pezinah selama 40 hari tidak di temukan di hadits Rasulullah yang shohih atau yang hasan atau bahkan doif (bagi ikhwan yg menemukan hadits nya tolong beri tau kami).


144. Hamba Allah
Assalamualaikum ustadz, ulun handak nikah ulun binian tapi wali ulun kdd orang tua uln kedua nya kda tahu di mana sedangkan kalo binian handak nikah harus walinya org tua laki selagi masih hidup, tapi orang tua laki laki uln kd tahu d mna dan kda bisa d hubungi tapi sempat waktu bisa di hubungi bpdh hndk nikah sidin merestui aja, tapikan kalo nikah harus ada walinya, apakah ulun kada boleh nikah kalo orang tua laki laki ulun kdd, apakah bisa di walikan oleh keluarga atau kaka kandung tapi kdd yang lakian cuma ada binian,


Ustadz Menjawab

Ada dua puluh gambaran bagaimana pindahnya kewalian dari sang ayah kepada wali hakim. Contoh ketika beliau jauh dari anak perempuannya (jauh di sni artinya lebih dari dua marhalah atau 82 km) atau kita tidak tau di mana beliau berada maka yang menjadi wali di sini adalah hakim (jadi tidak berpindah kepada saudara atau yg lainnya).


143. Hamba Allah
Assalamualaikum ustadz uln hndk betakun, ada anak lakian handak nikah tapi ibu nya nyuruh kena kuliah dulu nunggu kaka2 binian nya nikah jua pas lulus kuliah hanyar nikah, tapi anak lakian nya nih tetap Handak nikah, terus anak lakian nya nih bepadah bekajutan lawan ibu nya awal nya kd memboleh akan trus jdi memboleh akan karna sudh handak nikah nah kayapa tuh hukum nya durhaka lah itu lwn ibu nya, anak lakian nya tuh menikah Karna handak melengkapi agamanya dengan cara menikah menjauhi hal zinah


Ustadz Menjawab

Seharusnya bagi orang tua ketika melihat anaknya sudah sangat butuh menikah, maka dia harus cepat-cepat menikahkannya, sebab zaman sekarang sangat berbahaya,fitnah di mana-mana, maksiat merajalela, karena itu hendak nya orang tua memikirkan bagaimana caranya agar anaknya terjaga dari keharaman. Kalau si anak jatuh ke dalam lobang zinah sebab si orang tua tidak mengizinkan dia menikah ketahuilah orang tua juga mendapat bagian dosanya (meskipun nanti di akhirat si anak akan mempertanggung jawabkan sendiri dosa nya). Urusan belajar dan nikah sebenrnya tidak ada hubungan,banyak orang sukses menikah ketika masih belajar. Kesalahan besar kalau menganggap bhwa setelah menikah bukan lagi masa untuk belajar.
Kadang satu hal yg membuat orang tua tidak mengizinkan anaknya menikah yaitu kesiapan. Untuk itu sebagai anak kita harus bisa meyakinkan bahwa kita sudah siap. Siap tanggung jawab, siap mengarungi ombak kehidupan, siap merasakan pahit manisnya kehidupan.
Bicarakan hal ini baik-baik dengan orang tua. Pelan pelan, jangan sampai menjadikan kita kurang ajar kepada mereka.
Dengan niat yang sungguh benar karena Allah dan Rasulullah, untuk menjaga dari keharaman, untuk mnyempurnakan agama. Pahalanya akan menutupi ketidak sopanan kita terhadap orang tua.


142. Al fakir
Assalamualaikum ustadz umpat betakun , ulun mempunyai empat orang ibu apakah wajib berbakti kepada mereka semua? Terima kasih assalamualaikum


Ustadz Menjawab

Sudah di jawab di no 141


141. FakirIlmu
Assalamualaikum Ustadz, bertanya apakah durhaka terhadap orang tua tiri juga berlaku sekalipun mereka berbuat yg tidak mengenakan hati, dan bagaimana solusi nya untuk menghadapi orang tua seperti itu. Terimakasih Ustadz. Jazzakallahu khairan.


Ustadz Menjawab

Orang tua tiri tentu masih di bawah orang tua kandung, tapi bakti kita kepada orang tua tiri adalah bentuk kebaktian kita kepada orang tua kandung, hal itu disebabkan karena mereka ada hubungan yang sangat erat dengat orang tua kandung kita.
Adapun perbuatan mereka yang kadang tidak mengenakan hati maka bersabarlah, anggap ini adalah bukti dari kebaktian kita kepada orang tua kandung.
Anak yang berbakti sudah pasti juga anak yang sholeh dan anak yang sholeh selalu membalas kejahatan dengan kebaikan.


140. AR
Assalamualaikum wr. wb. Ustadz Umpat btkun ustadz Bagaimana cara2 berbakti lwn kuitan yg sdh meninggal, dengan sebaik2 bakti Terima kasih atas jwabn Ustadz Assalamualaikum wr. wb.


Ustadz Menjawab

Sudah di jawab di pertanyaan no 138


139. Hamba Allah
Assalamualaikum ustadz, ulun umpat betakun , ulun anak rantauan nih kuliah demi bakti orgtua apabila ulun gagal dalam hal kuliah dn membuang - buang uang hasil kerja orgtua walau usaha ulun apa adanya , . Apa kah itu durhaka kepada orgtua dn tidak berbakti? Mohon tanggapannya ustadz ?


Ustadz Menjawab

Membuang buang duit yang di berikan oleh orang tua.
Apa pendapat antum ketika seseorang di berikan gajih tetapi di saat bekerja dia kurang maksimal (apalagi kalau sampai ternyata dia tidak bekerja sama sekali)? itukan bahasa lembutnya tidak amanah atau bahasa kasarnya penipu. Semakin besar orang yang kita tipu semakin besar juga dosanya, menipu guru tidak seperti menipu teman, begitu juga halnya orang tua.
Minta maaflah kepada orang tua, mintalah ampunan Allah.
Lain hal nya di saat kita sudah maksimal, berusaha sebisa mungkin tapi ternyata tetap gagal, insya Allah itu tidak termasuk durhaka dan insyaAllah kegagalan yang semacam ini adalah pintu awal kesuksesan.


138. Hamba allah
Bagai mana caranya kita berbakti kepada kedua orang tua, klao mereka sudah tiada/ meninggal


Ustadz Menjawab

Ada 5 jalan untuk berbakti kepada orang tua yang sudah meninggal,hal ini di jelaskan oleh baginda Rasul dalam haditsnya sebagaimana diriwayatkan oleh imam Abu Dawud no 5142

  1. Mendoakan
  2. Memintakan ampun
  3. Merealisasikan janji mereka
  4. Menyambung tali silaturrahim mereka
  5. Memuliakan sahabat2 mereka

Jadilah anak yg soleh,itu adalah kebaktian yg sangat luar biasa dr anak kpda orang tuanya..


137. Yang tersakiti
Ass ustadz.... ulun hdk btkun tntg hukum ap kah masih wajib taat sama orang tua jika orang tua ulun masih menganut kepercayaan nasrani)?? Sekian trima kasih ustadz.


Ustadz Menjawab

Kewajiban berbakti kepada orang tua tidak akan hilang bagaimana pun keadaannya,asma binti abu bakr assiddiq pernah bertanya kepada Rasulullah perihal ibundanya yang datang dari kota mekkah memintainya sesuatu,wahai Rasulullah apakah aku boleh memberikan yg ibuku minta (apakah aku wajib berbakti kepda ibu yg masih musyrik),kata Rasulullah iya,berbuat baiklah engkau kpda ibumu (berbaktilah engkau kepadanya).
HR Bukhari No 2620.
Satu yang perlu di catat di sini bahwa selama perintah orang tua kita tidak bertentangan dengan ajaran agama maka wajib atas kita untuk berbakti, kalau bertentangan maka kita boleh untuk melawannya,seperti yg trjadi kepada sahabat Nabi yg bernama Sa'ad bin abi waqqas yang terkenal dengan kecintaannya kepada ibunya, ketika ibunya mendengar bahwa sa'ad masuk islam maka dia mengancam untuk tidak makan dan tidak minum sampai sa'ad berpaling dari islam, maka dengan tegas Sa'ad berucap "wahai ibundaku seandainya engkau memiliki seratus nyawa, satu persatu nyawamu meninggalkanmu agar aku berpaling dari agama ku demi Allah tidak sedkit pun aku akan berpaling". Lihat firman Allah taala di surat Al-Ankabut ayat 8.


136. NN
Assalamualaikum.. Mau tanya ustad, bagaimana gaji saya yang bekerja dengan baik atau sesuai syariat di perusahaan batu bara, tapi yang ditambang tanah/lahan yang diperoleh dari warga secara paksa atau harga yang tidak sesuai. Atau dari proses distribusi bahan tambang tersebut ada pekerja2 yang terzholimi. Yg intinya ada proses di dalam nya ada orang2 yang terzholimi, pdahal kita tau.



135. Anak muda
Ustad ulun umpat betakun, ulun hndk bujur-bujur sudah lawan binian nih, ulun berusaha meyakin akan inya sekira mau nikah muda tapi inya masih kd mau ustad, inya masih hndk kuliah dulu jar, ulun takutan ustad busiah kd jadi aja lawan inya, masalah nya kami kdd stts yg jelas tapi hagan menuju yg serius itu ada, yg nikah aja bisa cerai apa lagi yg kdd stts kaya ini ustad, kita kd tahu pang hati urang nih bisa berubah kapan haja. Inya kah telihat lakian idaman nya, ulun kah telihat binian idaman jua. Makasih ustad.????



134. Jomblo fisabilillah
Assalamuallaikum ustadz ulun handak betakun, ulun sdh bepadah hndak nikah dan sudah begawi jua gajih alhamdulillah cukup aj tapi dari orang tua ulun setiap bepadah handak nikah selalu jawabannya no comment dan kd pernah dijawab dengan alsan macam", kypa tanggapan ulun kepada kuitan ulun ustadz ? Makasih ustadz



133. Milik kita bersama
Assalamu'alaikum ustadz ulun bertanya , kira" apa ciri2 nya kalau dia jodoh kita ?



132. Hamba allah
Alhamdulillah pas mendangar ceramah ustad tadi ampih dah galau ulun ,,terus ulun handak betakun sholat duha itu di gawi nya waktu begadang tanpa ada guring bulih kah ?



131. Hamba Allah
Assalamu'alaikum, afwan ustadz, ulun sedang di hadapkan dengan masalah orang tua ulun(ibu) sedang terkena wasir akut dan beliau tetap memaksakan diri untuk meng-ojek, dan saya tahu bahwasanya porsi makanan di rumah sedikit, dan pula beliau menyuruh ulun untuk fokus kuliah. Jadi ulun memilih untuk makan di tempat keluarga dan kerabat. Jadi apakah ulun termasuk "Anak yang Durhaka" ?



130. Hamba Allah
Ustad bagaimana cara/solusi melupakan seseorang yang pernah ada dihidup kita, yang pernah membuat kita sakit hati. Saya dulunya pernah mau menikah sama dia, kemudian tiba2 dia menikah dengan orang lain. Saya sudah mau melupakan dia, tetapi, tanpa diinginkan, kami bertemu kembali didalam majlis yang sama, dan menjadi kepengurusan dalam majlis . Saya dulu bersama dia 3 tahun. Yam menggalau kannya. Saya setiap hari melihat dia bersama pasangannya. Jadi bagaimana solusinya ustad



129. Fulan bin fulan
Assalamualaikum ustadz Ulun betakun, ,,, Ulun galau karna kengalihan bangun subuh,, Jd kyapa supaya kawa bangun subuh supaya solat subuh nya kd teqodo, dan istiqomah, Terimakasih


Ustadz Menjawab

Waalaikum salam... barakallah fiika

1 Pian tidur jangan terlalu malam

2 banyak2 baca istighfar dan taubat

3 niat yang kuat untuk bangun subuh .

(Insyaallah akan d beri kemudahan untuk bangun)


128. Hamba allah
Assalamu alaikum ustazd Uln hndk betakun , bagaimana cara nya amanah dan konsisten dalam amanah nya Terimakasih



127. Hamba allah
Assalamualaikum ustadz minta maaf di luar dari tema! Ulun mau tanya. Apakah seorang hamba yg penuh Berdosa dan selalu lupa dengan sholat lima waktu. Apakah dosa nya Bisa di ampuni. Kalo dia mau berubah menjadi lebih baik dari sebelum nya Bagai mana cara nya agar bisa menebus dosa Trimakasih



126. Rahmat dan pene
Ustadz mau bertanya,, gimana caranya supaya rajin shalat Dan pandai beribadah



125. Akhwat
Assalamualaikum wr wb Ustadz Mohon maaf mengganggu waktunya. Izin bertanya. Bagaimana sebaiknya jika kita diberi sesuatu makanan, namun tidak tau sesuatu makanan tersebut sumbernya halal atau tidak. Bahkan ana tau pendapatan si pemberi ini dari sesuatu yg tidak halal. Ana galau ustadz? Terimakasih Wassalamualaikum wr wb



124. Hamba allah
Assalamualaikum wr.wb. Ulun mau nanya ustadz: ulun galau ustadz, ulun sudah betembal gigi permanen tapi 2 hari kemudian sakit pulang gigi ulun, apa solusi yg bagus gsan sakit gigi ulun nih ???



123. Hamba Allah
assalamualaikum ustadz izin bertanya bagaimana bilang ke orang tua klo kita mau nikah



122. Hamba allah
Ustad .... Mau tanya .... Kapan waktu terbaik membaca surah al waqiah .. Makasih ustad



121. Yang tersakiti
Assalamualaikum ustad, ulun galau, istri ulun minta cerai, dan ulun kd sanggup hidup tanpa inya. ulun minta amalan atau doa supya hati istri ulun luluh dan kada jadi mgugat cerai....



120. Hamba Allah
Assalamualaikum ustadz , Apa yg harus saya lakukan ? Apabila sdh tdk ada cara untuk membuat pasangan kita percaya. Padahal saya sudah pelan pelan memperbaiki diri saya. Apa yg harus saya lakukan ustadz ?



119. Hamba allah
Assalamualaikum habib Apakah seorang hamba yg penuh berdosa pemabuk pemaksiat Apakah dosa nya bisa di ampuni Dan cara nya bisa di ampuni dengan cara apa.. Sekian terima kasih



118. Hamba Allah
Assalamu Alaikum Yaa Habibana. Ijin Bertanya. Apa Perbedaan Sangka Buruk Dengan Waspada...?



117. Dina kamalia
Assalamualaikum bib, Ampun maaf tadi tetinggal salamnya hehe. Ulun handak umpat betakun : Cara menyadarkan orang lain yang selalu menjaz orang . Ibaratnya apa yang dilihat nya pertama kali dari orang itu ya anggapannya kayaitu ja betarusan. Contohnya ada orang sekolah agama tapi inya kada bejilbab Pas kita bekawanan pastuh ada 1 orang diantara kawanan kita nih ketuju banar menjaz orang, bepikir macam2 lawan yang orang tadi padahal kita kada kenal lawna ornag tadi gegara inya melihat nya diawalnya kada baik lalu berburuk sangka betarusan lawma orang itu. Nah tanpa kita sadari jadinya kita kaya teumpat jua beburuk sangka. Padahal kita belum tau apa yang kita sangka2 tuh bujur atau kada. Nah jadi kayapa caranya kita menyikapi, supaya kita kawa menyadarakan si yang kawan ketuju menjaz, lawan supaya kita kada teumpat berburuk sangka.



116. Dina kamalia
Cara menyadarkan orang lain yang selalu menjaz orang . Ibaratnya apa yang dilihat nya pertama kali dari orang itu ya anggapannya kayaitu ja betarusan. Contohnya ada orang sekolah agama tapi inya kada bejilbab Pas kita bekawanan pastuh ada 1 orang diantara kawanan kita nih ketuju banar menjaz orang, bepikir macam2 lawan yang orang tadi padahal kita kada kenal lawna ornag tadi gegara inya melihat nya diawalnya kada baik lalu berburuk sangka betarusan lawma orang itu. Nah tanpa kita sadari jadinya kita kaya teumpat jua beburuk sangka. Padahal kita belum tau apa yang kita sangka2 tuh bujur atau kada. Nah jadi kayapa caranya kita menyikapi, supaya kita kawa menyadarakan si yang kawan ketuju menjaz, lawan supaya kita kada teumpat berburuk sangka.



115. Abdullah
Assalamualaikum bib,apakah tobat nya seorang penzina di terima lah bib,dan keyapa cara tobat nya.



114. Hamba allah
Assalamualaikum habib Apakah seorang hamba yg penuh berdosa pemabuk penaksiat Apakah dosa nya bisa di ampuni Dan cara nya bisa di ampuni dengan cara apa.. Sekian terima kasih



113. hamba allah
assalamualaikum ustadz mau tanya bagaimana cara menasehati teman yang memandang cadar, jenggot, celana cingkrang sebagai paham ekstrim



112. Hamba allah
Assalamualaikum habib Apakah seorang hamba yg penuh berdosa pemabuk penaksiat Apakah dosa nya bisa di ampuni Dan cara nya bisa di ampuni dengan cara apa.. Sekian terima kasih



111. Hamba Allah
Assalamu'alaikum, izin bertanya, bagaimana mengelola hati agar tidak terbawa pengaruh oleh perkataan orang lain, baik itu cacian ataupun pujian, adakah cara ataupun amalan sunnah untuk problem tersebut Terimakasih banyak



110. Hamba allah
Assalammualaikum ustadz Tadi ustadz bilang sgumpal darah yaitu hati (Penyakit hati) Contoh apa saja ustad penyakit hati yg di dunia dia baik tiba2 pas d akhirat amalan itu hilang Terima kasih



109. Prilia
Assalammualaikum ustadz, bagaimana kita bisa menahan sabar ? sesabar nabi ayyub yg dceritakn diberikan ujian yg bertubi2 tpi beliau sangat sabar, sedangkan kita yg manusia biasa gbs menahan sabar atas apa yng di kasih oleh allah Terima kasih



108. M nur sahin
Assalamuaikum ustad Amalan yang bagus untuk mempermudah jodoh apa ustad



107. Hamba Allah
Assalamualaikum ustadz, Mau bertanya : Apakah hubungan yg dimana salah satu nya tidak pernah percaya dgn psangan nya itu bisa terus bertahan ? Atau disudahi saja ? Hal ini cukup lama pak ustadz, mengenai kami juga sudah cukup lama menjalin hubungan sekitar 5 tahun. Solusinya bagaimana pak ustadz agar semuanya menjadi baik baik saja ? Kebetulan juga saya belum dinikahi, karena psngan saya tidak pernah percaya, karena saya Dulu pernah melakukan kesalahan



106. Ria
Assalammualaikum ,


Ustadz Menjawab

waalaikumsalam wr wb


105. Hamba allah
Assalamualaikum ustadz Saya suka dengan seseorang, tapi seseorang itu bisi pacar sedangkan saya mau serius sama dia dan mau menikahinya Pertanyaannya adalah apakah wanitanya harus menerima saya dan memutuskan pacarnya???



104. Hamba allah
assalamualaikum mohon maaf ust ini diluar pembahasan cuman ulun rasa banyak aja pang yang merasakan ini.. ust betakun rajin bulik begawi lawan kawan pina melihat urang yang pina aneh-aneh model tetawa ulun nih bedua menurut ulun lwn kawan ulun lucu tpi ulun kada tahu apa yang urng rasakan kan urang banyak. kira kira kd pp ja kah ulun lwan kawan ulun ni ust?



103. Khaulah
Assalamualaikum ustadz, Bagaimana walimahan yg diatur dalam islam. Syukron ustadz.



102. Hamba Allah.
Afan ustaz bisa betanya seandainya Kita dilamar seorang wnita untuk mnikah. Sdangkan Kita masih ingin pokus kuliah.skian trima kasih



101. Wanita yg tersakiti
Ustad ulun mohon pencarahan. Jika yg mlamar ulun adalah suami orang...? Kypa hukum ny. Apa kah ulun tmasuk plakor.



100. Muhammad noor
Asslmualaikum uln hndk betakun misalkan kita di kabarkan ada saudara yang meniggal trus kita kda sempat umpat menyolatkan karna ad kerjaan . Sedangkan kita sdh ad niat hndk umpat apa kah boleh kita menyolatkan ketika mayat sdh di dlm kubur



99. Hamba Allah
Assalamualakum ustadz Bagaimana caranya meyakinkan diri dalam memilih pasangan mohon penjelasannya ustadz



98. Fulan binti fulan
Assalamu'alaikum ustadz bagaimana pendapat ustad dengan isu bahwa tahun 2020 di sahkan sertifikasi pranikah? Yang justru mempersulit pernikahan yang pada dasarnya pernikahan tsb dimudahkan dalam islam



97. Hamba allah
Ustadz bagaimana cara agar menasehati saudara yang masih berpacaran, ketika si laki laki nya ana tanya selalu menjawab belum siap



96. Annisa
Assalamualaikum Ustad, Jika ada seorang ikhwan dtg melamar atau kita dijodohkan dgn seseorang oleh ortu kita namun kita sebagai akhwat masih ragu akan agama dari ikhwan tsb. bagaimana cara kita menolaknya tanpa harus menyakiti pihak lainnya? Terimakasih



95. Hamba allah
Assalamualaikum ustadz Ulun umpat batakun Kalo bpacaran dulu Baru nikah apakah boleh



94. Hamba allah
Assalamualaikum ustadz Ulun umpat batakun Kalo bpacaran dulu Baru nikah apakah boleh


Ustadz Menjawab

Tidak ada yang namanya pacaran syar'i. Lebih baik antum pacaran dengan si dia setelah menikah. Setelah halal, semuanya menjadi ibadah, senang sambil ibadah. kalau pcaran mungkin senang di dunia, tapi di akhirat apakah siap mempertanggung jawabkannya?


93. Hamba allah
Assalamualaikum Saya mau tanya Saya udah siap untuk nikah Tapi calon nya belum ada. Pass ada calon saya ajak ta'aruf dia bilang selalu belum siap sama selalu cari cwo bungas. Gimana cara mencari calon ta'aruf yang benar???


Ustadz Menjawab

Bersyukurlah antum tidak berjodoh dengan wanita yang hanya memandang fisik laki-laki.
Mencari lawan ta'aruf sama hal nya dengan kita mencari pasangan untuk kawin, karena ta'aruf adalah tangga untuk menuju pernikahan, ingat ta'aruf bukan pacaran.


92. Prilia
Assalammualaikum ustadz, jika saya menunda menikah dulu karena blm siap dan saya ingin mempelajari tauhid dlu bagaimana ?


Ustadz Menjawab

Niat antum mulia sekali, lanjutkan, teruskan dan  istiqomahlah.
Minta perlindungan dari Allah ta'ala dari fitnah akhir zaman, selalu lah berdoa insya Allah semuanya akan di mudahkan


91. Didik
Ass ustadz.... kalau secara syarat kita mampu utk mnikah. Tp bagaimana dengan setelah mnikah biasa nya sering trjadi cekcok pertengkaran. Karna krg nya prknln diri sblum mnikah. Jadi baik ny bgaimana ustadz. Segera mnikah apa nunggu yang benar2 cocok pribadi ny. Sekian trm kash ustad


Ustadz Menjawab

Yg jadi prioritas antum ketika mencari jodoh adalah agamanya, tidak harus lulusan pesantren, maksudnya agama di sini adalah yang di kesehariannya dia menjaga kehormatannya dia mau menjalankan agama, nilai-nilai syariat ada pada dirinya.
Masalah takut tidak cocok di kemudian hari antum bisa lihat bagaiman budaya barat yang tahunan (sampai memiliki keturunan) tanpa ada ikatan pernikahan dengan salah satu alasan mncari kecocokan. Tapi tidak sedikit yang berakhir perpisahan, banyak juga orang yang sebelum menikah tidak mengenal banyak tentang pasangannya tapi mreka bahagia sampai akhir, intinya itu semua adalah sesuatu yang belum pasti.
Dunia ini adalah tempatnya masalah,hanya di surga nanti yang kita tidak akan di timpa masalah. Ketika antum ucapkan qabiltu/saya terima, itu artinya juga saya terima omelannya ,saya terima ocehannya, saya terima kekurangannya. Nikah itu ibadah selamanya bukan hanya sekedar mencari kebahagiaan, banyak para nabi dan sholihin di uji dengan istrinya, begitu juga perempuan-perempuan yang sholehah banyak juga yang di uji dgn suami nya,tp semua akan terasa ringan kalau motivasi terbesar antum ketika nikah adalah untuk mencari ridho Allah.


90. Hamba allah
Assalamualaikum ustadz saya ingin bertanya ???? Saya sdh lama berpacaran dengan seorang wanita dan dari pihak orang tua wanita menanyakan kapan saya menghalalkan anaknya dan saya menjelaskan soal perekonomian, kesiapan saya dll. Dan tidak berselang lama beberapa bulan kemudian mempertanyakan itu lagi berulang" dan hampir seluruh keluarga dari wanita menanyakan kapan saya menikahi sang wanita tersebut. Yang saya tanyakan bagaimana respon saya kepada pihak keluarga wanita dengan pertanyaan yg selalu diberikan kepada saya kapan kapan dan kapan menikahinya ?? Makasih ustadz



89. Hamba Allah
Assalamualaikum ustadz.. izin nanya ulun tidak pacaran tetapi ada niatan serius sama seseorang tpi belum ada rezeki nah bagaimana merurut ustadz? Mohon pencerahannya


Ustadz Menjawab

Jangan pernah memberikan harapan kepada perempuan kalau antum blm siap, lebih baik serahkan semuanya kepada Allah, sambil antum berikhtiar mengumpulkan rezeki. Kalau sudah terkumpul dan si dia masih belum menikah alhamdulillah, tapi kalau ternyata sudah menikah maka carilah wanita yg lain, masih banyak wanita-wanita sholehah yg lain menunggu antum.


88. R
Assalamu'alaikum ustad numpang tanya, saya ingin bertanya mengenai hutang, Saya punya hutang, ingin membayarnya tapi tidak tau rumah nya dimana karna sudah lama tidak bertemu dengan teman saya itu, apakah bisa di bayarkan dengan cara lain, semisal sedekah ke anak yatim tapi dengan di niatkan membayar hutang tersebut? Atau ada saran lain pak ustad?


Ustadz Menjawab

Hutang tidak prnah lunas kecuali kita bayar atau dimaafkan oleh si penghutang, untuk itu antum harus cari terus, harus terus berusaha. Kalau mau hati-hati antum bisa banyak bersedekah dengan niat "Ya Allah ini pahalanya untuk si pemilik hutang" kalau seandainya kami tidak di pertemukan lagi. Kalau bisa yang di sedekahkan itu sifatnya kekal/lama baru habis, supaya pahalanya mengalir selama barang tersebut masih ada, tapi kalau seandainya si pemilik hutang datang menagih hutang maka wajib di bayar adapun yg kita sedeqahkan itu menjadi amal kita.


87. Indah
Ass ustad. Ulun hdk btkun , apa hukum nya... jika ulun meambil mukena d mesjid. Gasan ulun pakai drmh.... Dari pd kd tpkai dmesjid bnyk bnr. Baik ulun pakai akan ibadah drmh.



86. Hamba allah
Assalammualaikum ustadz, menikah tapi dengan cara mendapatkan pasangan itu dengan pellet apakah akan bertahan lama ? Ada tidak ustadz ciri2 orang terkena pellet ? Terima kasih



85. Abdurrahim
Apa hukum binian umpat kekubur apa lgi sawat menjinguk mayat nya ke liang lahat..


Ustadz Menjawab

Dalam hadis disebutkan kami dilarang "perempuan" mengikuti jenazah, akan tetapi larangan tersebut bukan lah sesuatu yang haram.

ada anjuran untuk tidak mengikuti, kalau pun mau ikut silahkan selama menjaga adab-adab seperti pakaian, tidak histeris dll.


84. Hamba allah
Assalamualaikum ustadz, saya mau tanya apakah ibadah orang bertato yg sdh menyesali perbuatannya apakah ibadahnya masih ditrima?



83. Mimi
Assalamualaikum ustad , saya mau nanya apa boleh menjalin hubungan tampa restu dari org tua ,saya ini mau dilamar sama pasangan saya , dan pasangan saya sudah benar benar serius sama saya dan menerima kekurangan saya , terus pasangan saya ngobrol sama bapak dia mau menikahi saya , tapi kata bapak dia , bapak dia nggak mau sama saya karena saya punya anak takutnya nantu kalo menikah dengan saya meongkosi anak saya gitu , padahal anak saya ditempat mertua saya ustad , nah jadi saya sama pasangan saya harus gimana, saya sama pasangan saya sudah sama2 sling sayang , sekian ustad pertanyaan saya makasah assallamualaikum



82. Muhammad Arif
Apakh di bolehkan yg sekarang ini ada namanya pacaran syariah, solat tahajud telphon lacarnya dulu,mau ngaji telphon dulu apakah itu di perbolehkn



81. A
Assalamu'alaikum ustad, apakah ada amalan untuk mendekatkan dengan jodoh?



80. Fulanah binti fulan
Assalamulaikum ustad, Saya ada beberapa pertanyaan 1. Bagaimana islam mengatur hubungan dan batasan antara ikhwan & akhwat? 2. Bagaimana walimahan yg diatur dlm islam?



79. Akhwat
Assalamualaikum ustadz, mau bertanya, bagaimana pendapat ustadz tentang problematika Ummat saat ini terkhusus untuk remaja (narkoba, free sex, aborsi, hedonis) ? Syukron ustadz



78. Hamba allah
Assalamualaikum ustd Saya seorang ukhti mau bertanya Ada seorang akhi yang berniat menikahi saya..tetapi dia insya allah setelah lulus pesantren ingin melanjutkan menuntut ilmu agama ke Tareem ... Sementara ia menuntut ilmu ke sana...baiknya kami berikatan / saya menunggu akhi tersebut kembali?



77. Hamba allah
Assalamualaikum ustadz izin bertanya misalkan kita sdh lawas parak lawan binian habis itu kuitannya betakun pabila handak serius dan ulun sdh menjelas akan soal perekonomian dll, dan makin kesininya kelihatannya kuitan yg binian menggasak padahal kita blm siap, itu kypa baiknya ustadz ? Makasih ????



76. Al fakir
Ustadz apakah benar setelah kita melakukan maksiat berzinah itu ibadah kita nantinya tidak diterima selama 40 hari , padahal saya mau memulai sholat kembali , bagaimana pendapat ustadz ?



75. NHL
assalammualaikum ustad saya ingin bertanya Saya pcran 5th 3 th LDR krna saya kuliah di luar kota Selama 6 bulan ini saya dekat dengan wanita Saya menjnjikn menikah sama pcr saya yg 5 th tp desember ini saya menikah sama selingkuhan saya Apaa saya salah ? Sdngkn saya tidak membritahukan pcr sya yg 5th yg saya pacari, dia tiba2 tau dari klga saya, dan dia memutuskan utk putus , apa yg saya harus lakukan, bersalah kah saya menyakiti perempuan yg menunggu saya 5 tahun ? Apa benar jika saya menyakiti, meninggali wanita, kelak saya mendptkan balasan ? Terima kasih



74. Hamba Allah
Assalamualaikum.. Ustadz mau tanya apa saja keutamaan ziarah ke makam wali wali allah?



73. R
Assalamu'alaikum ustad Apakah dengan tahajud mempermudah menjemput jodoh? Dan apa saja keutamaan tahajud?



72. hamba Allah
Bagaimana caranya menata hati mulai dari nol ,setelah hati yang setia ini dilukai? Terimakasih.



71. Single Lillah
Assalamualaikum ustadz, izin bertanya pada sholat jamak qashar baik itu dzuhur dan ashar maupun maghrib dan isya, apakah harus ada iqomah di antara jeda sholat tersebut untuk melanjutkan ke sholat berikut nya. Terima kasih ustadz sebelum nya????????



70. SN
Assalamu'alaikum ustadz Izin bertanya.. Saya seorang akhwat yg menyukai seorang ikhwan yg insya Allah karena alasan syar'i. Dia lulusan pesantren, kuliah dijurusan agama, hafidz qur'an, ustadz di sebuah ponpes, sekarang sedang merantau menuntut ilmu di pulau jawa, dan insya Allah akan meneruskan utk menuntut ilmu ke negeri arab. Saya memiliki hubungan keluarga yg lumayan jauh dgn dia sehingga saya lumayan akrab dgn keluarganya, tapi tidak dengan dia, karena kami selalu sama2 diam ketika bertemu. Saya sudah bekerja, dan saya memberitahu ayah saya bahwa saya menyukai ikhwan tersebut. Namun saya meminta ayah saya diam saja karena dia yg terlihat masih fokus ingin menuntut ilmu & saya yang masih merasa takut kalau hubungan saya dan keluarganya nanti malah tidak bisa seakrab dulu hanya karena saya menyukai ikhwan tersebut & ternyata ia tidak memiliki perasaan yg sama (menolak saya) atau karena alasannya yg masih ingin fokus menuntut ilmu, pasti akan menimbulkan ketidaknyamananan antara saya dan keluarganya, sedangkan saya masih ingin menikmati keakraban saya dengan keluarganya, karena keluarganya lah satu2nya keluarga saya yang ada di kota ini berhubung saya bekerja di satu kota dengan keluarganya dan harus berpisah jauh dengan keluarga saya di kota lain. Menurut ustadz, saya harus bagaimana.. Mohon maaf ustadz, cerita saya lumayan panjang



69. Hamba allah
Saya pcran 5th 3 th LDR krna saya kuliah di luar kota Selama 6 bulan ini saya dekat dengan wanita Saya menjnjikn menikah sama pcr saya yg 5 th tp desember ini saya menikah sama selingkuhan saya Apaa saya salah ? Sdngkn saya tidak membritahukan pcr sya yg 5th yg saya pacari, dia tiba2 tau dari klga saya, dan dia memutuskan utk putus , apa yg saya harus lakukan, bersalah kah saya menyakiti perempuan yg menunggu saya 5 tahun ? Apa benar jika saya menyakiti, meninggali wanita, kelak saya mendptkan balasan ? Terima kasih



68. NN
Assalammualaikum ustad...bagaimana cara menyingkapi kepada istri yg ketahuan hampir selingkuh..dan saya pun sudah mendatangi sipelaku...apa yg harus saya perbuat terhadap istri saya dalam ajaran islam..



67. Fulan
Assalamualaikum ustadz ,Klw kita sdh tidak merasa enak lagi disuatu perusahaan itu apa yg harus kita lakukan,resign atau tidak,,,alasannya karena tidak ada kesejahteraan ustadz diperusaahaan itu ,,,



66. Jenderal Kancil
Assalamualaikum wr wb Izin bertanya, bagaiamana sbeernanya teknik bisnis Rasulullah SAW sehingga beliau sukses menjadi seorang pebisnis di usia muda. Bahkan bisa memberikan mahar 20 ekor unta kepada khadijah? Agar kami para pemuda/pemudi tidak hanya selalu mematok PNS sebagai tujuan pekerjaan utama.



65. Hamba Allah
Assalamu'alaikum, menyambung pertanyaan jaamah sebelumnya mengenai radikal bagaimana tanggapan ustad mengenai label RADIKAL terhadap para pejuang Kebangkitan Islam (khilafah) oleh banyak org?



64. Tolong disamarkan
Mohon ijin, ulun berdinas di Martapura, dan Pimpinan ulun sering mendebat terkait masalah maulid dan juga mearwahi keluarga yang mati, serta menghaul para auliya, dan beliau mengatakan bahwa semua itu adalah bid'ah. Mohon ijin ulun meminta saran bagaimana cara untuk menegur beliau agar tidak tersinggung dan tidak menyakiti hati beliau?



63. Syarif
Bagaimana cara yang baik menegur teman yg sering bermaksiat.agar tidak sakit hati temannya



62. Syahron
Assalamualaikum Ustadz kalau kita sering menolong orang tapi selalu di bilang pencitraan sama orang lain itu nanggapin supaya gak marah gimana yau Ustadz Assalamualaikum



61. Kambran
Gimana cara mudah dan asik. Ngajak dan ngobrol sama anak muda yg sudah gila permainan online dan dunia malam untuk ngajak iya kembali keajaran agama tanpa iya merasa minder dgn kita



60. Tuan
Assalamualaikum ustadz Mau nanya, gimana sih cara&sikap kita menghadapi orang toxic? Krena sangat mengganggu.. Trimakasih :)



59. IqraN
Assalaamu'alaikum wr, wb. Jika kita ingin meminta sesuatu, Allah kan menyuruh kita utk berdoa kpd-Nya. Tpi ketika ingin berdoa, kdg ada rasa malu utk berdoa krn teringat banyaknya dosa yg tlh dilakukan, jd saya mmlih utk baca istighfar/shalawat saja. Apakah hal itu trmasuk sikap sombong kpd Allah? Terimakasih utk jawabannya.



58. NN
Bagaimana menjaga hati agar tetap rendah hati (tawadhu) saat di puji orang



57. Gusti Arsita
Assalamualaikum ustadz Bagaimana caranya meyakinkan diri dalam memilih pasangan,doa dan amalan apa yg harus diamalkan Terimakasih atas jawaban ustadz



56. Ridha
Bagaimana cara kita sebagai muslim dalam menyikapi perbedaan-perbedaan dikalangan para ulama?



55. Hamba allah
Assalammualaikum Dlm surah al-waqiah asa menyebutkan bidadari2 Bidadari disurga diciptakan utk siapa ? Trus posisi istri di surga kelak seperti apa ?



54. Muhammad syahirul alim
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ Bagaimana menyikapi taqlid buta dan mempersatukan umat islam yg saat ini terpecah2 شُكْرًا ﺟَﺰَﺍﻛُﻢُ اللهُ خَيْرًا كَثِيْرًا



53. Semangat boss quee
Assalamualaikum warrahmatullohi wabarakatuh,, Ijin bertanya Ulun saat ini baru mulai belajar agama melalui pengajian2, dari media salah satunya dari YouTube, diantara beberapa banyak postingan video kajian dakwah dgn berbagai macam ustad maupun kyai, dan lulusan dari luar negeri maupun dalam negeri, diantaranya mereka ada yg saling menyalahkan ttg keilmuannya, contoh ustad A mengatakan kepada ustad B bahwa ustad B ilmunya salah dan menyesatkan begitu pula sebaliknya, yg Ulun tanyakan bagaimana kami yg baru belajar harus menyikapi keadaan seperti itu,? Apa yg mesti kami lakukan agar bisa ttp pada pemikiran positif dan islami dan tdk berpihak, terima kasih banyak..semoga kita semua selalu dalam kebaikan..Aamiin Ya Rabb3x.



52. Ummu Muhammad
Apakah bersangka baik itu berlaku umum untuk semua orang. Atau adakah pihak-pihak tertentu yang kita tidak perlu berbaik sangka pada mereka?



51. Ibnu Rahmat
Assalamualaikum Ust . Ap Hukum Gajih Dari Pekerjaan Yang Masuk Nya Menggunakan Suap/Sogok ?



50. Ghazali Rahma
Bagaimana Ciri Umat Yang Terbaik? Mohon Penjelesan nya, Apakah Mereka Yang Berjuang Untuk Agama Allah....???



49. Dari teman biker subuhan banjarbaru
Assalamualaikum ustd Ini pesan dari teman² Biker Subuhan banjarbaru Ane mau tanya SANGKABAIK ini kapan bisa barang sholat subuh berjamaah dengan biker subuhan banjarbaru???????????????? Makasih sebelum nya



48. Nur
Mohon maaf ustdz sya ingin bertanya sebenarnya untuk muslimah yang baru berhijrah, baru mencoba mendalami islam, ilmu-ilmu islam tentang apa aja ya yg perlu di pelajari, di awal2 masa hijrah itu, untuk membuat semakin istiqomah?



47. fulanah binti fulan
assalamualaikum ustad bagaimana sikap kita terhadap orang-orang yang menyebut kita sebagai radikal hanya karena kita ngaji atau menggunakan busana sesuai syariat



46. Hamba Allah
Bagaimana pandangan narasumber jika suatu ulama masuk ke dunia politik misalnya gubernur, bupati atau walikota



45. Abdullah
Bagaimana cara nya supaya merasa manis dalam beribadah dan pahit bermaksiat



44. NN
Ustadz ulun ni shalat nya bolong bolong, banyak berbuat dosa dan ulun ada berdoa termasuk mendoakan diri ulun sendiri untuk istiqomah dalam ibadah, bagaimana ulun meyakinkan diri bahwa doa ulun ini akan di kabulkan Allah atas permitaan ulun yang lain.



Copyright © SANGKABAIK.ID